Karya
Ilmiah
Kesadaran
Tentang Sampah
Dan
Program Jum'at Bersih di SMPN 01 Batu
Priya
Bagas Pambudi
IX
B / 19
SMP
NEGERI 01 BATU
JL. K.H AGUS SALIM NO.55 BATU
JL. K.H AGUS SALIM NO.55 BATU
Kata Pengantar
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh. alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji
bagi Allah yang telah menolong saya menyelesaikan karya ilmiah ini.
Tanpa pertolongan-NYA mungkin penyusun tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga terlimpah
curahkan kepada baginda tercinta yakni nabi muhammad SAW.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat meningkatkan kesadaran terhadap sampah karena sampah adalah hal klasik dan perlu penanganan khusus terhadapnya, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber, seperti observasi, wawancara, dan angket. Karya I;miah ini ini saya susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya Karya ilmiah ini dapat terselesaikan.
Karya ilmiah ini memuat tentang “Kesadaran warga sekolah dalam masalah sampah dan program pencegahannya” yang sangat penting bagi semua warga sekolah. Walaupun Karya ilmiah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru Pendidikan Lingkungan Hidup.
Semoga Karya ilmiah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
08 Maret 2013
Penyusun
Makalah ini disusun agar pembaca dapat meningkatkan kesadaran terhadap sampah karena sampah adalah hal klasik dan perlu penanganan khusus terhadapnya, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber, seperti observasi, wawancara, dan angket. Karya I;miah ini ini saya susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya Karya ilmiah ini dapat terselesaikan.
Karya ilmiah ini memuat tentang “Kesadaran warga sekolah dalam masalah sampah dan program pencegahannya” yang sangat penting bagi semua warga sekolah. Walaupun Karya ilmiah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru Pendidikan Lingkungan Hidup.
Semoga Karya ilmiah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
08 Maret 2013
Penyusun
(Priya Bagas Pambudi)
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
JUDUL
...............................................................................................................................i
KATA
PENGANTAR
.............................................................................................................................ii
DAFTAR
ISI
..........................................................................................................................................iii
BAB
I PENDAHULUAN
......................................................................................................................1
1.1. Latar Belakang
....................................................................................................................….2
1.2. Rumusan Masalah
....................................................................................................................2
1.3. Rumusan Tujuan
......................................................................................................................2
1.4. Kegunaan
.................................................................................................................................2
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
...........................................................................................3
2.1
Jumat
bersih..........................................................................................................
2.2 Cara Peningkatan Kepedulian Tentang Sampah...................................................
2.2 Cara Peningkatan Kepedulian Tentang Sampah...................................................
BAB
III METODE
PENELITIAN..................................................................................4
3.1.
Observasi.............................................................................................................4
3.2. Wawancara ..........................................................................................................4
3.2. Wawancara ..........................................................................................................4
3.3.
Angket
.................................................................................................................4
BAB
IV HASIL PEMBAHASAN
…..............................................................................
4.1 Hasil Observasi............................................................................................................
4.2 Hasil Wawancara....................................................................................................
4.3 Hasil Angket...........................................................................................................
4. Hasil Pembahasan.................................................................................................
4.1 Hasil Observasi............................................................................................................
4.2 Hasil Wawancara....................................................................................................
4.3 Hasil Angket...........................................................................................................
4. Hasil Pembahasan.................................................................................................
BAB
V PENUTUP
...........................................................................................................
5.1. Kesimpulan
.........................................................................................................
5.2. Saran
..................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
........................................................................................................
LAMPIRAN
FOTO
.........................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
SMPN 01 Batu adalah salah satu sekolah favorit yang ada di Kota Batu. Di SMPN 01 Battu tersedia berbagai macam fasilitas umum, terutama tempat sampah. Walaupun banyak disediakan berbagai macam tempat sampah, akan tetapi masih banyak warga sekolah yang membuangsampah sembarangan dan menyebabkan lingkung sekolah tampak kotor dan enggan dilihat.
Sampah merupakan persoalan yang dapat menimbulkan dampak besar bagi lingkungan. Sampah tidak dapat dipisahkan dari kegiatan ,asyarakat dimanapun dan kapanpun mereka berada. Sampah yang berada di kawasan SMPN 01 Batu merupakan hal penting yang harus ditangani. Banyaknya sampah yang berserakkan di kawasan itu disebabkan kesadaran warganya yang bisa dibilang cukup. Oleh karena itu di SMPN 01 Batu membuat program “Jumat Bersih” yang diharapkan dapat mengatasi masalah sampah yang berada di kawasan SMPN 01 Batu 1.2. Rumusan Masalah 1. Bagaimana kesadaran dan kepedulian warga sekolah tentang masalah di SMPN 01
Batu?
2. Apakah program Jumat Bersih dapat mengatasi masalah sampah di SMPN 01 Batu?
1.3. Rumusan Tujuan
SMPN 01 Batu adalah salah satu sekolah favorit yang ada di Kota Batu. Di SMPN 01 Battu tersedia berbagai macam fasilitas umum, terutama tempat sampah. Walaupun banyak disediakan berbagai macam tempat sampah, akan tetapi masih banyak warga sekolah yang membuangsampah sembarangan dan menyebabkan lingkung sekolah tampak kotor dan enggan dilihat.
Sampah merupakan persoalan yang dapat menimbulkan dampak besar bagi lingkungan. Sampah tidak dapat dipisahkan dari kegiatan ,asyarakat dimanapun dan kapanpun mereka berada. Sampah yang berada di kawasan SMPN 01 Batu merupakan hal penting yang harus ditangani. Banyaknya sampah yang berserakkan di kawasan itu disebabkan kesadaran warganya yang bisa dibilang cukup. Oleh karena itu di SMPN 01 Batu membuat program “Jumat Bersih” yang diharapkan dapat mengatasi masalah sampah yang berada di kawasan SMPN 01 Batu 1.2. Rumusan Masalah 1. Bagaimana kesadaran dan kepedulian warga sekolah tentang masalah di SMPN 01
Batu?
2. Apakah program Jumat Bersih dapat mengatasi masalah sampah di SMPN 01 Batu?
1.3. Rumusan Tujuan
1.
Deskrpsi hasil kesadaran dan kepedulian warga SMPN 01 Batu tentang
sampah.
2. Deskripsi pelaksanaan program Jumat Bersih di SMPN 01 Batu1.4. Kegunaan1. Menjadikan SMPN 01 Batu sebagai seklah terbaik, berwawasan lingkungan, dan berlabel Adiwiyata
2. Untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang masalah sampah
2. Deskripsi pelaksanaan program Jumat Bersih di SMPN 01 Batu1.4. Kegunaan1. Menjadikan SMPN 01 Batu sebagai seklah terbaik, berwawasan lingkungan, dan berlabel Adiwiyata
2. Untuk meningkatkan kesadaran warga sekolah tentang masalah sampah
BAB
2
Kajian Pustaka
Kajian Pustaka
2.1
Jumat BersihJumat
Bersi adalah program yang dibuat oleh pihak sekolah SMPN 01 Batu
untuk meningkatkan kebersihan yang ada di SMPN 01 Batu program ini
dilaksanakan pada hari jumat 30 menit sebelum siswa-siswi mengikuti
pelajaran jam pertama. Program jumat bersih ini juga dilombakan.
Setiap kelas bersaing untuk menjadi kelas terbersih, pengumuman
pemenang dan yang kalah dilakukan 1 bulan sekali pada tanggal 17 di
upacara bendera.
Diharapkan program jumat bersih ini dapat meningkatkan kebersihan yang ada di area Smpn 01 Batu.
Diharapkan program jumat bersih ini dapat meningkatkan kebersihan yang ada di area Smpn 01 Batu.
(Yulaikah S.pd)
2.2 Cara Peningkatan Kepedulian Tentang Sampah.
Cara Peningkatan Kepedulian Tentang Sampah adalah segala metode-metode, perilaku, atau semua kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kepedulian/kesadaran masyarakat tentang pentingnya sampah dalam kehidupan sehari-hari
BAB III
METODE PENELITIAN
METODE PENELITIAN
3.1.
Observasi
Observasi merupakan teknik paling mendasar dalam teknik penilaian non testing. Observasi akan menghasilkan data yang merangsang dilakukanya hipotesis tentative tentang individual dan meyakinkan hipotesis yang lain.
Observasi yang efektif melalui pengamatan secara jelas, sadar dan selengkap mungkin tentang perilaku individu sebenarnya dlam keadaan tertentu.Pengumpulan data melalui observasi langsungatau dengan pengamatan langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.
Pengamatan baru tergolong sebagai teknik mengumpulkan data, jika pengamatan tersebut memiliki kriteria sebagai berikut:
Pengamatan di gunakan untuk penelitian dan telah direncanakan secara sistematik;
Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah direncanakan;
Pengamatan tersebut dicatat secara sistematis dan dihubungkan secara proporsiumum dan bukan dipaparkan sebagai suatu set yang menarik perhatian saja.
Observasi merupakan teknik paling mendasar dalam teknik penilaian non testing. Observasi akan menghasilkan data yang merangsang dilakukanya hipotesis tentative tentang individual dan meyakinkan hipotesis yang lain.
Observasi yang efektif melalui pengamatan secara jelas, sadar dan selengkap mungkin tentang perilaku individu sebenarnya dlam keadaan tertentu.Pengumpulan data melalui observasi langsungatau dengan pengamatan langsung adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.
Pengamatan baru tergolong sebagai teknik mengumpulkan data, jika pengamatan tersebut memiliki kriteria sebagai berikut:
Pengamatan di gunakan untuk penelitian dan telah direncanakan secara sistematik;
Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah direncanakan;
Pengamatan tersebut dicatat secara sistematis dan dihubungkan secara proporsiumum dan bukan dipaparkan sebagai suatu set yang menarik perhatian saja.
3.2.
Wawancara
Wawancara adalah pertemuan dua orang atau lebih dengan maksud untuk menggali informasi baik berupa fakta atau pendapat seseorang untuk tujuan tertentu.
Kalimat pertanyaan dalam wawancara hendaknya disesuaikan dengan tujuan wawancara, konkret, jelas, memuat satu hal, tidak terlalu panjang dan tidak menyinggung perasaan3.3 Angket
Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan pada respon den untuk mendapat jawaban
(Depdikbud:1975)
Wawancara adalah pertemuan dua orang atau lebih dengan maksud untuk menggali informasi baik berupa fakta atau pendapat seseorang untuk tujuan tertentu.
Kalimat pertanyaan dalam wawancara hendaknya disesuaikan dengan tujuan wawancara, konkret, jelas, memuat satu hal, tidak terlalu panjang dan tidak menyinggung perasaan3.3 Angket
Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan pada respon den untuk mendapat jawaban
(Depdikbud:1975)
Angket adalah suatu daftar atau kumpulan pertanyaan tertulis yang harus dijawab secara tertulis juga ( WS. Winkel, 1987)
Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan sumber data
( I. Djumhur, 1985 )
Angket merupakan
teknik pengumpulan data yang tidak
memerlukan kedatangan langsung dari sumber data
( Dewa Ktut Sukardi, 1983 ).
memerlukan kedatangan langsung dari sumber data
( Dewa Ktut Sukardi, 1983 ).
Angket adalah suatu daftar yang berisi pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh orang/anak yang ingin diselidiki atau responden (Bimo Walgito, 1987).Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan pengertian angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang diajukan kepadasubyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga BAB IV
HASIL PEMBAHASAN
4.1 Hasil Observasi
1. Berdasarkan
Hasil observasi dapat dilihat bahwa keadaan lingkungan yang ada di
SMPN 01 Batu, kebersihannya masih bisa dibilang cukup bersih tapi
masih dijumpai di beberapa tempat sampah berserakkan. Dan sering
dijumpai banyak anak yang membuang sampah sembarangan setelah
jajan.
Tempat-tempat yang masih sering dijumpai banyak sampah yaitu di daerah Kantin, Kopsis, belakang kelas, kolong meja, dan di sekitar parkiran. Jenis sampah yang dijumpai juga beragam seperti sampah organik. Sampah organik atau sampah basah adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa mahluk hidup dan sampah ini gampang dan tidak membutuhkan banyak waktu dalam penguraiannya. Ada juga sampah An-organik. Sampah organik adalah sampah yang susah diuraikan dan memerlukan waktu yang sangat lama dalam penguraiannya. Seperti plastik dan lain-lain. Sampah logam, sampah logam adalah sampah yang berbahan dasar logam sampah ini tidak dapat diuraikan akan tetapi jenis sampah ini dapat dirubah dalam bentuk/jenis lain.
walaupun dari [ihak sekolah sudah menyediakan berbagai maam jenis tempat sampah seperti, sampah basah, sampah kering, dan sampah logam tetapi warga sekolah tetap saja banyak yang membuang sampah sembarangan.
2. Pelaksanaan jumat bersih di SMPN 01 Batu sudah baik, setiap kelas menjalankan program jumat bersih dengan baik akan tetapi masih dijumpai kekurangan yaitu mereka tidak mengerjakan program ini sesuai waktu yang ditentukan, sehingga mereka hanya asal-asalan dalam mengerjakannya dan cepat-cepat mengurusi hal yang lain. Denga adanya program jumat bersih ini sudah bisa diihat bahwa perkembangan kebersihan yang ada di SMPN 01 batu semakin menanjak walaupun sediki demi sedikit.
Tempat-tempat yang masih sering dijumpai banyak sampah yaitu di daerah Kantin, Kopsis, belakang kelas, kolong meja, dan di sekitar parkiran. Jenis sampah yang dijumpai juga beragam seperti sampah organik. Sampah organik atau sampah basah adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa mahluk hidup dan sampah ini gampang dan tidak membutuhkan banyak waktu dalam penguraiannya. Ada juga sampah An-organik. Sampah organik adalah sampah yang susah diuraikan dan memerlukan waktu yang sangat lama dalam penguraiannya. Seperti plastik dan lain-lain. Sampah logam, sampah logam adalah sampah yang berbahan dasar logam sampah ini tidak dapat diuraikan akan tetapi jenis sampah ini dapat dirubah dalam bentuk/jenis lain.
walaupun dari [ihak sekolah sudah menyediakan berbagai maam jenis tempat sampah seperti, sampah basah, sampah kering, dan sampah logam tetapi warga sekolah tetap saja banyak yang membuang sampah sembarangan.
2. Pelaksanaan jumat bersih di SMPN 01 Batu sudah baik, setiap kelas menjalankan program jumat bersih dengan baik akan tetapi masih dijumpai kekurangan yaitu mereka tidak mengerjakan program ini sesuai waktu yang ditentukan, sehingga mereka hanya asal-asalan dalam mengerjakannya dan cepat-cepat mengurusi hal yang lain. Denga adanya program jumat bersih ini sudah bisa diihat bahwa perkembangan kebersihan yang ada di SMPN 01 batu semakin menanjak walaupun sediki demi sedikit.
4.2 Hasil Wawancara
Narasumber : Mas Takim
Pak Dedy Wahyu
… (Pembukaan)...
Saya : Menurut Mas Takim, kesadaran warga SMPN 01 batu ini bagaimana?
Mas Takim : Kesadaran warga SMPN 01 Batu ini sudah cukup baik akan tetapi masih sering saya melihat siswa-siswi yang membuang sampah tidak pada tempatnya
Saya : Tempat mana saja mas yang sering dijumpai masih banyak sampah?
Mas Takim : Sekitar kantin, kopsis, di sekitar parkiran.
Saya : Lalu jenis sampah apa saja yang sering dijumpai ?
Mas Takm : Seperti sampah plastik, daun-daunan.
Saya : lalu, harapan untuk kedepannya tentang masal ini apa mas?
Mas Takim : Ya semoga kesadaran masyarakat SMPN 01 Batu ini bertambah sehingga lingkungan disini semakin bersih dan baik.
...(Penutup)...
...(Pembukaan)...
Saya :Menurut Pak Dedy program Jumat bersih yang ada di SMPN 01 Batu ini hasilnya bagaimana?
Pak Dedy : Ya rasa program jumat bersih ini berjalan dengan baik dan semakin lama semakin bisa mengatasi malsah sampah yang ada di SMPN 01 Batu
Saya : Sebagai salah satu pembina tatib, hukuman apa yang di berikan kepada kelas-kelas yang tidak tertib dalam menjalankan program jumat bersihini pak?
Pak Dedy :Kami selaku pembina taib menegur mereka akan tetapi bila mereka masih bandel kita pasti memberi sanksi khusus bagi mereka
Saya :Apa harapan diadakannya program jumat bersih ini ?
Pak dedy ; diharapkan dengan adanya program jumat bersih ini, kebersihan yang ada di kawasan SMPN 01 Batu ini semakn baik lalu siswa-siswi juga dapat menerapkan kepedulian tentang sampah ini di lingkungannya.
...(Penutup)...
4.3 Hasil Angket
PERTANYAAN ANGKET
PERTANYAAN ANGKET
1.Bagaiman keadaan lingkungan yang ada di area SMPN 01 Batu?
2. Apakah kebersihan di SMPN 01 Batu cukup terjaga ?
3. Bagaimana kesadaran masyarakat SMPN 01 Batu terhadap masalh sampah di SMPN 01 Batu?
4. Apakah program jumat bersih dapat mengatasi masalah sampah di SMPN -1 Batu?
5. Apakah
pelaksanaa program jumat bersih berjalan dengan baik?
6. Apa perlu ditambah program kebersihan Yang ada di SMPN 01 batu ini?
6. Apa perlu ditambah program kebersihan Yang ada di SMPN 01 batu ini?
JAWABAN SETELAH
PENYIMPULAN
1. Keadaan lingkungan di SMPN 01 Batu sudah cukup baik karena sudah berkurang sampah-sampah
yang ada
2. kebersihan di SMPN 01 Batu ini sudah terjaga dengan Baik
3. Kesadaran Masayarakat di SMPN 01 Batu masih bisa dibilang cukup karena masih dijumpai siswa yang membuang sampah sembarangan
4. Selama program jumat bersih ini berjalan program jumat bersih ini bisa mengatasi masalah sampah di SMPN 01 Batu walaupun sedikit demi sedikit.
5. Program jumat bersih sudah berjalan dengan baik
6. Tidak perlu, lebih baik program kebersihan yang sudah ada disempurnakan
1. Keadaan lingkungan di SMPN 01 Batu sudah cukup baik karena sudah berkurang sampah-sampah
yang ada
2. kebersihan di SMPN 01 Batu ini sudah terjaga dengan Baik
3. Kesadaran Masayarakat di SMPN 01 Batu masih bisa dibilang cukup karena masih dijumpai siswa yang membuang sampah sembarangan
4. Selama program jumat bersih ini berjalan program jumat bersih ini bisa mengatasi masalah sampah di SMPN 01 Batu walaupun sedikit demi sedikit.
5. Program jumat bersih sudah berjalan dengan baik
6. Tidak perlu, lebih baik program kebersihan yang sudah ada disempurnakan
4.4 Hasil Pembahasan
Dari beberapa cara penelitian tentang masalah kesadaran warga SMPN 01 Batu tentang sampah dan pelaksanaan program jumat bersih yang ada di SMPN 01 Batu di dapatkan hasil sebagai berikut.
Keadaan Lingkungan yangada di SMPN 01 Batu sudah baik akan tetapi kesadaran masyaraktnya masih cukup. Diharapkan kesadaran masyarakat SMPN 01 Batu bisa bertambah sehingga tidak lagi bijumpai sampah yang berserakkan dan lingkungan sekolah menjadi lebih bersih. Beberapa tempat yang masih sering dijumpai banyak terdapat sampah yaitu di sekitar kantin,kopsis,parkiran,kolong meja, dan belakang kelas.
Dalam pelaksanaan jumat bersih di SMPN 01 Batu sudah berjalan dengan baik dan dapat dilihat hasilnya yaitu sampah yang ada di SMPN 01 Batu sudah semakin berkurang. Diharapkan dengan adanya program ini kebersihan di SMPN 01 Batu dapat bertambah dan semakin baik.
BAB
V
PENUTUP
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Kesadaran warga di SMPN 01 Batu masih cukup dan di area SMPN 01 batu yang masih sering dijumpai banyak sampah adalah di sekitar kantin,kopsis,parkiran,kolong meja, dan belakang kelas dan juga pelaksanaan program juat bersih yang ada di SMPN 01 Batu ini sudah berjalan dengan baik dan terbukti bisa mengatasi masalah sampah di SMPN 01 Batu
5.2 Saran
Sebaiknyaa kesadaran warga sekolah harus bisa ditingkatkan dengan diadakannya cara atau sosialisassi tentang pentingnya sampah bagi lingkugan. Dan juga ketertiban bagi kelas yang asal-asalan dalam pengerjaan program jumat bersih juga harus ditingkatkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Sumber: http://www.terindikasi.com/2012/03/contoh-daftar-isi-makalah.html#ixzz2MwsTinSd
http://www.pengertiandefinisi.com/2012/01/pengertian-observasi.html
http://adf.ly/1949094/int/http://www.kumpulanistilah.com/2012/09/pengertian-wawancara.html? M=0
google.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengamatan
Sumber: http://www.terindikasi.com/2012/03/contoh-daftar-isi-makalah.html#ixzz2MwsTinSd
http://www.pengertiandefinisi.com/2012/01/pengertian-observasi.html
http://adf.ly/1949094/int/http://www.kumpulanistilah.com/2012/09/pengertian-wawancara.html? M=0
google.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengamatan
0 comments:
Post a Comment